Membagongkan, Rongsokan Diubah Hendri Jadi Miniature Model

Hendri Kreatif

Ketapang, Infoketapang. Miniatur berbagai jenis model ini siapa sangka dibuat dari rongsokan. Barang rongsokan yang didapat benar-benar dari tempat sampah dan juga pengepul di Ketapang. Barang rongsokan tersebut dirubah menjadi mainan, miniature buildings, dan lainnya.

Hendri adalah pemilik warung kopi Radja di jalan MT. Haryono, jika kita masuk ke dalamnya terdapat banyak miniature model yang dibuatnya yang berasal dari barang rongsokan. Ditemui tim redaksi infoketapang, hari ini, Sabtu (13/05/2023) Hendri menjelaskan bahwa pekerjaannya merupakan hobi bagi dirinya yang mendatangkan hasil.

“Model-model ini saya buat dari barang rongsokan. Dengan browsing-browsing di Internet saya mendapatkan inspirasi untuk membentuk model dari bentuk yang sebagaian ada aslinya, dan sebagian adalah imaginasi saya” ungkap Hendri.

Pria asal Jakarta yang bermula merantau ke Ketapang dan bekerja di Fun Station ini telah menekuni hobinya yang menjadi ladang bisnis kreatifnya diawali dari hobinya ‘ngotak-ngatik’ barang. Barang rongsokan disulap Hendri menjadi mainan, karakter, bahkan berbagai miniature yang diberi nama olehnya seperti Aircraft Carries yang diberi nama Tanjungpura, Pawan Offshore, dan lainnya.

Semua yang melibatkan kreativitas manusia dan melakukan komodifikasi ide-ide kreatif tersebut menjadi sesuatu yang bisa dijual, merupakan bisnis kreatif. Bisnis kreatif adalah penggerak ekonomi. Namun, nilai yang sebenarnya dari sektor ini adalah kemampuan mengejawantahkan ide yang bersifat abstrak menjadi sesuatu yang nyata.

Hendri menjual miniature model di warung kopi miliknya, dari modal Rp. 50.000,- dijualnya Rp. 300.000,-. dan lainya dengan harga beragam, tergantung jenis barang rongsok yang didapatnya, dan model yang dibentuknya. Bisnis kreatif yang dijalankan Hendri sudah lama berjalan, namun pasca Covid-19 benar-benar ditekuninya. (Spn).