Ziarah Makam Bersejarah Peringatan Hari Jadi Ketapang ke-606

Ketapang, InfoKetapang – Wakil Bupati Ketapang Farhan hadiri Ziarah ke tempat bersejarah/ Situs Cagar Budaya Makam Pengeran Iranata dan Makam Keramat 9 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ketapang 606 tahun 2024, pada Sabtu (09/03/2024) di Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong.

“Ziarah yang kita laksanakan hari ini merupakan amanah dari peraturan daerah Kabupaten Ketapang nomor 7 tahun 2012 tentang penetapan Hari Jadi Ketapang dan peraturan Bupati Ketapang nomor 5 tahun 2020 tentang cara peringatan Jadi Ketapang,” ujar Farhan saat membacakan sambutan tertulis Bupati Ketapang.

Lebih lanjut menurutnya ziarah di tempat bersejarah situs cagar budaya ini sebagai penghormatan kepada leluhur, pejuang dan pendahulu Ketapang yang telah meletakkan pondasi peradaban dan pembangunan di Ketapang Tanah Kayong Negeri Betuah 606 tahun lalu.

“Sebagai generasi penerus kita semua mempunyai kewajiban dalam mengisi dan melanjutkan pembangunan di Ketapang yang kita cintai ini sesuai tema peringatan “Terus Bekarya Untuk Ketapang Maju dan Masyarakat Sejahtera,” harapnya.

Selain itu, Farhan menjelaskan, ziarah ini bertujuan untuk mendoakan para leluhur, tokoh pejuang dan pendahulu Ketapang yang telah meninggal dunia agar mereka diampuni dosa-dosanya, dirahmati dan selalu diberkahi oleh Tuhan yang maha esa.

“Peringatan hari jadi Ketapang ini bersamaan dengan awal puasa Ramadhan 1445H. Saya mengajak kita semua menyambut kedua momen yang baik ini dengan penuh kegembiraan dan penuh syukur,” ajaknya.

“Keramat Sembilan di Negeri Baru, Keramat Tujuh di Mulia Kerta, Mari Kita Bersatu Padu
untuk Ketapang Maju dan Sejahtera,” pungkas Farhan mengakhiri sambutan Bupati Ketapang.

Dalam ziarah makam ini juga dilakukan penggantian kain sungkup makam, tabur bunga dan makan bersama kuliner khas Ketapang yaitu Ketupat Colet.

Baca juga  Hasil Musda, Harto Terpilih Memimpin Muhammadiyah Ketapang

Turut hadir dalam kegiatan ini Forkopimda Ketapang, Sekda Ketapang, para Kepala OPD, tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Masyarakat dan lainnya.(wd)