Serahkan Digital DIPA dan Daftar Alokasi TKD TA. 2023, Ini Pesan Bupati Ketapang

Ketapang, InfoKetapang – Bupati Ketapang Martin Rantan menyerahkan secara Digital DIPA dan Daftar Alokasi TKD Tahun Anggaran 2024, pada Jum’at (15/12/2023) di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang.

Martin dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa penyerahan DIPA dan daftar alokasi transfer kedaerah telah disampaikan Presiden pada tanggal 29 Nopember 2023 lalu, yang dilanjutkan di Provinsi Kalimantan Barat oleh Penjabat Gubernur Kalimantan Barat.

“Berbeda dengan tahun 2022 lalu, penyerahan DIPA dan daftar alokasi transfer ke daerah diserahkan secara fisik dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dan pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran,” ujarnya.

Martin menambahkan pada kegiatan penyerahan DIPA dan daftar alokasi transfer kedaerah tahun anggaran 2024 ini, penyerahan DIPA sudah tidak ada penyerahan secara fisik lagi karena proses penyusunan dan pengesahannya sudah dilakukan secara digital.

“Oleh karena itu acara ini sangat penting, sebagai wadah konsolidasi dan kolaborasi seluruh pihak dalam strategi kebersamaan dalam membangun Kabupaten Ketapang yang makin sejahtera dan mencapai target-target yang berdampak positif,” ucap Martin.

Selajutnya menghadapi tahun anggaran 2024, Bupati Martin mengingatkan semua pihak agar, pertama; menggunakan anggaran yang diserahkan untuk dilaksanakan secara disiplin dan tepat sasaran, kedua; dalam penggunaan anggaran selalu mengutamakan transparansi dan akuntabilitas pertanggung jawabannya, ketiga ; eksekusi sesegera mungkin anggaran mulai Januari dan direalisasikan secepat-cepatnya disiplin dan tepat waktu, keempat ; persiapkan strategi antisipasi terhadap ketidakpastian melalui automatic adjusment, relokasi atau reprioritas, kelima ; khusus para pimpinan OPD, perkuat sinergi dan harmonisasi dengan kebijakan pemerintah pusat, artinya APBD dan APBN harus sinergi dan harmonis agar pembangunan lebih selaras, keenam ; Tahun 2024 adalah tahun terakhir RPJMN 2019-2024.

“Saya berpesan agar anggaran tahun 2023 betul-betul dioptimalkan untuk menuntaskan agenda pembangunan daerah, sekaligus memperkuat pondasi bagi rencana-rencana pembangunan Kabupaten Ketapang dimasa akan datang,” tutur Martin.

Baca juga  Pimpin Apel Pagi, Sekda Ketapang Sampaikan 4 Hal Penting

Selain itu, Martin juga memberikan apresiasi kepada KPPN Ketapang yang telah bersinergi baik dengan jajaran OPD dan para pimpinan instansi vertikal sehingga mendukung kelancaran pelaksanaan anggaran dan pembangunan.

“Selamat kepada KPPN atas predikat “A” dalam pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh kementerian PANRB pada 5 Desember 2023. Semoga menjadi inspirasi makin primanya seluruh pelayanan publik di Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.(admin InfoKetapang)