Kepengurusan ABPEDNAS Kab. Ketapang 2020-2025 resmi dikukuhkan

Ketapang, InfoKetapang – Kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Pengurus Anak Cabang (PAC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) periode 2020-2025 Kabupaten Ketapang resmi dikukuhkan.

Sebanyak 127 pengurus Abpednas dilantik, terdiri dari 27 pengurus Kabupaten, 27 pengurus Kecamatan Benua Kayong, dan 27 pengurus Kecamatan Sandai yang dilantik langsung oleh Ketua DPD Abpednas Kalbar Dr. Busri Ismail, pada Jum’at (15/12/2023) bertempat di Pendopo Bupati Ketapang.

Mewakili Bupati Ketapang, turut hadir Asisten Sekda bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Heryandi, M.Si pada pelantikan tersebut.

“Abpednas memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat tali silaturahmi antara pemerintah daerah, BPD dan masyarakat di tingkat Desa,” ujar Heryandi membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Melalui peran yang aktif, Heryandi menyebut Abpednas dapat menjadi wadah untuk menyatukan aspirasi Desa-Desa di Kabupaten Ketapang, serta memperjuangkan kepentingan dan kemajuan Desa secara keseluruhan.

“Saya berharap, dalam masa bakti yang baru ini, Abpednas dapat terus berperan aktif dalam pembangunan Desa di Kabupaten Ketapang. Mari kita bersama-sama bekerja untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa,” ajaknya.

Lebih lanjut Mantan Kepala Dinas PMD ini juga mengajak seluruh pengurus Abpednas untuk menjalin sinergi yang baik dengan pemerintah daerah, pemerintah Desa serta berbagai lembaga terkait lainnya.

“Dengan kerjasama yang baik, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan Desa yang berkelanjutan dan inklusif,” ucapnya.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Ketapang, saya mendukung dan bekerja sama dengan Abpednas dalam upaya memajukan Desa-Desa di wilayah kita. Semoga amanah yang dipercayakan kepada saudara semua dapat diemban dengan baik, serta memberikan dampak positif bagi kemajuan Desa-Desa di Kabupaten Ketapang,” tambahnya.

Hal senada, Ketua DPD Kalbar Busri Ismail dalam sambutannya mengatakan ketika Kepala Desa, perangkat Desa dan BPD bersatu padu membangun Desa maka akan terjadi kemakmuran dan kemajuan di Desa.

Baca juga  Kejuaraan Tinju Amatir Dandim Cup 2024, Resmi Ditutup

Selain itu, Ia juga menekankan kepada para pengurus Abpednas menjelang tahun pemilu nanti, agar jangan ikut berpolitik.

“Oknumnya silakan, organisasi jangan dibawa, jangan dijual Abpednas. Ini bukan organisasi politik, organisasi kita adalah organisasi sosial yang memang mempunyai kedudukan tersendiri bukan politik,” tegasnya.

“Sekali saya berharap bantu kepala Desa kita masing-masing untuk mewujudkan visi dan misi Desa maju,” pungkas Busri.(wd)