Komunitas Serumpun Sinema Ketapang Tayangkan Film Pendek Pada Event Keramean Market Ramadhan

Ketapang, InfoKetapang – Komunitas Penggiat Film Serumpun Sinema ramaikan Event Keramean Market Ramadhan yang diadakan di Warkop Kekili 2.0 dengan Screening Film / Nonton Bareng serta Diskusi, pada Kamis (28/03/2024) malam.

Dalam kegiatan tersebut, Serumpun Sinema menayangkan Film Pendek yang berjudul “PARADIGMA” dimana film tersebut merupakan sebuah film pendek yang di produksi oleh anak-anak asli Ketapang dan berhasil merebut beberapa penghargaan yaitu sebagai Film Terbaik 1, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik dan Film Favorit di ajang Film Pelajar Khatulistiwa tingkat SMA pada Desember 2023 lalu.

Pada diskusi penutup screening film yang dipandu oleh Owner Kekili Kopi Dewa Gede Irawan, menghadirkan anggota Serumpun Sinema yaitu Ketua Komunitas Serumpun Sinema Rio Marisa biasa, Wakil Ketua Fajar Febrian yang biasa sebagai Director Of Photography (DOP), Rizky Orama Ketua Tim Kaderisasi yang juga biasa terlibat sebagai Penulis Naskah dan Sutradara.

Ketua Serumpun Sinema Rio Marisa dalam diskusi tersebut menyampaikan asal usul terbentuknya Komunitas Serumpun Sinema adalah kesamaan visi dan keinginan para anggota merangkul para penggiat film untuk menyalurkan hobi dan keinginan melalui sebuah karya.

“Serumpun Sinema merupakan wadah bagi para penggemar dan pelaku perfilman serta
mereka yang memiliki passion terhadap seni visual. Komunitas ini berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri film, memberikan nilai edukasi serta
menghargai keragaman dalam hal genre, gaya, dan pandangan tentang dunia,” ujarnya.

Menurut Rio, seiring dengan perkembangan teknologi dan budaya, seni film telah menjadi salah satu media paling kuat dalam menyampaikan pesan, menginspirasi, dan mengedukasi masyarakat.

“Film bukan hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga sebuah wadah yang penuh potensi untuk mengubah pandangan dunia dan memperluas wawasan kita tentang
kehidupan, sejarah, dan masyarakat,” sebutnya.

Baca juga  Urutan ke-2, Kasus Narkoba di Ketapang Darurat

Lebih lanjut Ia berharap dengan terbentuknya komunitas Serumpun Sinema ini, merupakan langkah awal dalam upaya mengembangkan dan mengeksplor potensi perfilman di Kabupaten Ketapang melalui karya film yang bertujuan untuk mengangkat cerita-cerita yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan nilai edukasi bagi masyarakat.

“Kami percaya bahwa melalui
media film, kita dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memberikan pengalaman yang mendalam serta mengajak mereka untuk merenung, memahami, dan merasa terhubung dengan berbagai isu penting dalam masyarakat,” ucapnya.

” Untuk tahun ini Serumpun Sinema sedang mempersiapkan beberapa kegiatan antara lain, lomba produksi film pendek dan lomba pembuatan naskah film,” pungkas Rio.

Adapun kegiatan Event KERAMEAN MARKET RAMADHAN ini diselenggarakan oleh kekili2.0 yang berkolaborasi dengan @lazone.id dan mobile stage dilaksanakan pada tanggal 23 Maret sampai dengan 30 Maret 2024 dengan kegiatan diantaranya Bazar Pakaian, Pementasan Musik Band, Hadrah, Keroncong hingga Kasidah dan diskusi edukasi. (wd)