Hadiri Rapat Akbar, Bupati Ketapang sebut persiapan Napak Tilas sudah 90 persen

Ketapang, InfoKetapang – Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos mengatakan secara umum kesiapan Napak Tilas sudah mencapai 90 persen. Ia yakin kegiatan ini bakal sukses dan berjalan lancar.

Hal ini disampaikannya saat menghadiri Pemerintah Rapat Akbar Napak Tilas tahun 2023, pada Senin (16/10/2023)) bertempat di Ballroom Hotel Borneo Ketapang.

“Siap, 90 persen siap, tinggal melaksanakan, hanya sedikit perubahan-perubahan pada jadwal rundown, dengan kehadiran pejabat dari tingkat provinsi yang perlu dicocokkan,” ujar Martin kepada awak media usai acara.

Bupati Martin menyebut, bahwa kegiatan Napak Tilas ini menjadi event terbesar di Ketapang.

“Oleh karena dalam kesempatan ini, saya meminta seluruh masyarakat dapat menjaga keamanan dan ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan tersebut,”tuturnya.

Rapat Akbar ini juga dihadiri juga Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si, unsur Forkopimda dan Panitia Napak Tilas.

Kegiatan tersebut diawali dengan paparan dari masing-masing ketua koordinator Napak Tilas, salah satunya koordinator Seksi Acara Doni Andriawan, S.STP.,ME selaku Kabag Prokopim Setda Ketapang memaparkan roundown di masing-masing venue kegiatan.

Selanjutnya ketua umum panitia napak tilas Ir. Gusti Kamboja dalam sambutannya menuturkan bahwa gawai napak tilas merupakan gawai yang terbesar dan terlama sepanjang sejarah pemerintahan Kabupaten Ketapang.

“Dalam kepanitiannya napak tilas ini melibatkan pelaku kepentingan, ada pemerintah, ada masyarakat, TNI-Polri, Kejaksaan, DPRD, dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya,” tuturnya.

Disamping itu, Ketua DPRD Ketapang M.Febriadi, S.Sos,M.Si salah satu perwakilan Forkopimda, dalam sambutannya mendukung kegiatan napak tilas tahun 2023.

“Tentu kami dari DPRD Ketapang sangat mendukung kegiatan napak tilas ini sebagai mengingatkan kita kepada masyarakat Kabupaten Ketapang dan kaum muda untuk melihat sejarah perjuangan yang ada di Kabupaten Ketapang khususnya sejarah perang di Tumbang Titi,” ujar Febriadi.

Baca juga  Pemuda Asal Papua Ditemukan, Setelah 4 Hari Tenggelam di Sandai

“Saya berharap kegiatan ini berjalan sukses dan tentu menambah khasanah budaya dan pariwisata Kabupaten Ketapang serta kedepannya ada kegiatan-kegiatan seperti ini,” lanjutnya.

Menanggapi paparan yang disampaikan masing-masing koordinator kegiatan napak tilas, Wakil Bupati Ketapang, yakin kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik dan sukses.

“Oleh karena itu, Saya berharap seluruh seksi tinggal mengoreksi informasi-informasi tersebut untuk di koordinasikan kembali,” tutur Farhan.

Lebih lanjut, Wabup Farhan berpesan agar masing-masing seksi kegiatan untuk berkoordinasi mengantisipasi kemungkinan yang terjadi agar tidak ada persoalan-persoalan.

“Endingnya, tidak ada lain kita ingin sukses, kita ingin mengukir sejarah bagi kita semua, bagi masyarakat kita semua, ketika ini sukses kita jalankan,” ungkapnya.(wd)