Ribuan Obor meriahkan Pergantian Tahun Baru Islam 1445H di Ketapang

KETAPANG, InfoKetapang – Ribuan siswa-siswi dari beberapa sekolah di Kabupaten Ketapang dan masyarakat mengikuti Pawai Obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H.

Wakil Bupati Ketapang melalui Staff Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangun Maryadi Asmui’e melepas kegiatan tersebut dengan ditandai pengangkatan bendera Prima Al-Ikhlas Ketapang, pada Selasa (18/07/2023) di Halaman Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pengurus, panitia hari besar Islam Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,” ujarnya saat menyampaikan sambutan Wabup Farhan Ketapang.

Selain itu disampaikan Maryadi bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk meningkatkan silaturrahmi sehingga kecintaan terhadap hari-hari besar Islam tetap dipertahankan untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah.

“Disamping itu, kegiatan ini juga merupakan salah satu hiburan bagi masyarakat untuk mengingatkan tentang hari-hari besar Islam,” tambahnya.

Lebih lanjut Maryadi juga mengajak umat Islam dan khususnya para alim ulama, mubaligh , pengurus ormas Islam, lembaga da’wah dan lembaga pendidikan agama agar memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap upaya pembinaan umat dan peningkatan kualitas kehidupan beragama.

“Pendidikan religi dan ukhuwah diharapkan bisa menyentuh secara langsung tentang pesan dan tujuan beragama sesungguhnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PHBI Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang Nurhidayat mengatakan tujuan dari kegiatan 1 (Satu) Muharram ini dalam rangka membangun spirit baru terutama dalam menghadapi tahun baru Islam.

“Mudah-mudahan tahun yang akan datang ini menjadi tahun penuh kebahagiaan dan keberkahan buat kita semuanya dan semoga ini bisa bermanfaat terutama bagi masyarakat dan kabupaten Ketapang semoga semakin maju,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kementerian Agama Ketapang, Asisten I Setda, Forkopimda Ketapang, Kepala OPD, Camat Delta Pawan, Lurah Kelurahan Tengah, Tokoh Agama, Pengurus Masjid Al-Ikhlas dan lainnya.

Baca juga  Hadiri Acara Adat Menjangkap Buah, Ini Pesan Sekda

Untuk diketahui dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1445H pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang melalui PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Masjid Agung Al-Ikhlas selain mengadakan Pawai Obor juga akan menyelenggarakan Tabligh Akbar pada 19 Juli 2023 (1 Muharram 1445H) dengan pengisi tausiyah KH. M. Ismail Ghofur (Rois Syuriyah PWNU Kalimantan Barat).(wd)