Ketapang Tuan Rumah Silaturrahmi HAB ke-78 Kemenag RI tahun 2024

Ketapang, InfoKetapang – Kabupaten Ketapang menjadi tuan rumah kegiatan Silaturrahim Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama (Kemenag) RI Tahun 2024 Se-Kalimantan Barat di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Sabtu (13/1/2024).

Sebanyak 14 Kabupaten/Kota mengikuti pembukaan kegiatan ini. Kegiatan HAB ke-78 ini diawali dengan parade seluruh Kontingen diiringi dengan drum band MAN 1 dan MAN 2 Ketapang.

Selain itu, juga ditampilkan Drum Band RA Al-Ikhlas, MIN 1 Ketapang, MTSN 1 Ketapang dan tarian Multi Etnis.

Wakil Bupati (Wabup) Ketapang Farhan dalam kesempatan tersebut berharap di umur yang 78 tahun ini Kemenag RI, Kemenag Kabupaten Ketapang dan Kemenag seluruh Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat terus berkarya dan memberikan sebuah inovasi serta terobosan-terobosan baru dalam melayani masyarakat.

“Saya berharap dengan momentum Hari Amal Bhakti ini, kementerian Agama Kabupaten Ketapang dapat memberikan pelayanan yang baik dan prima untuk masyarakat serta bisa memberikan dampak positif bagi pembinaan keagamaan bagi masyarakat,” ujar Farhan.

Lebih lanjut, Ia berpesan kepada para kontingen yang akan bertanding untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu mengutamakan silaturahmi serta saling bertukar pemikiran untuk memajukan Kemenag.

“Momen ini tidak hanya sebatas bagaimana kita bertanding tetapi banyak momen yang bisa dimanfaatkan, seperti saling tukar pikiran informasi dalam rangka untuk meningkatkan kinerja dari masing-masing unit,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Syarifendi yang juga Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ketapang berharap dengan kegiatan ini dapat terjalin silaturrahmi yang erat diantara keluarga besar Kementerian Agama se-Kalimantan Barat sehingga bisa terwujud cita-cita dibentuknya Kementerian Agama untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kegiatan silaturrahmi HAB ke-78 ini diselenggarakan dari tanggal 12 sampai 17 Januari 2024,” jelasnya.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari 17 Kontingen yang berasal dari Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, IAIN Pontianak, STAKATN Pontianak, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sambas, Kemenag Kabupaten Mempawah, Kemenag Kabupaten Sanggau, Kemenag Kabupaten Sintang, Kemenag Kabupaten Kapuas Hulu, Kemenag Kabupaten Bengkayang, Kemenag Kabupaten Landak, Kemenag Kabupaten Sekadau, Kemenag Kabupaten Melawi, Kemenag Kabupaten Kayong Utara, Kemenag Kabupaten Kubu Raya, Kemenag Kota Pontianak, Kemenag Kota Singkawang, dan Kemenang Kabupaten Ketapang.

Baca juga  Kabupaten Ketapang Peringati Hari Jadi Pemprov Kalbar ke-67

“Untuk pertandingan yang dilombakan yaitu Tenis Lapangan di Pelti Ketapang, Bola Voli di lapangan Bhayangkara dan lapangan MAN 1 Ketapang, Bulu Tangkis di GOR Taruna Sport Ketapang, Futsal di Crisma Futsal Ketapang dan Paduan Suara, Senam dan MC di Aula Kantor Kemenag Ketapang,” sebutnya.

Ditempat yang sama Kepala Kantor Kemenag Provinsi Kalimantan Barat Muhajirin Yanis mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ketapang yang telah memfasilitasi dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan HAB Kemenag RI yang ke-78 tahun 2024.

“Sejak kemarin kami tiba disini semuanya telah teratur dengan baik, sampai dengan pelaksanaan acara ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia berharap kepada seluruh kontingen untuk bertanding dengan menjaga sportifitas dan kekeluargaan sehingga dapat terjalin kekompakan, hal ini sejalan dengan tema HAB ke 78 yaitu “Indonesia Hebat bersama Umat”.

“Dalam pelaksanaan lomba dan seni kita mengutamakan sportifitas, kita ini bertanding tapi tetap bersanding,” tutupnya.

Pembukaan HAB ke 78 Kementerian Agama RI Tahun 2024 Se-Kalimantan Barat ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Wakil Bupati Ketapang, Kepala Kantor Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, jajaran Forkopimda Kabupaten Ketapang dan para Kepala Kemenag se-Kalimantan Barat.(wd)