Harapan Kepala Desa Sungai Awan Kiri Setelah Ditetapkan Juara I Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Kades Sungai Awan Kiri

Ketapang, Infoketapang – Setelah ditetapkan sebagai Juara I lomba Desa tingkat Kabupaten Ketapang, Kepala Desa Sungai Awal Kiri, Sapwan Noor, mengajak seluruh stakeholder mendukung kembali mengikuti lomba Desa tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Minggu (14/05/2023).

Kades Sapwan mengatakan bahwa keberhasilan ini atas kerja keras dan kekompakan semua tim kerja dari Pemerintah Desa, BPD, Seluruh LKD, dan Masyarakat Desa Sungai Awan Kiri.

“Ini merupakan perjuangan kami bersama-sama dengan tim kerja seluruh perangkat Desa Sungai Awan Kiri” ucap Sapwan, saat ditemui tim redaksi infoketapang di rumahnya.

Desa Sungai Awan Kiri adalah salah satu dari 8 desa yang terletak di Kecamatan Muara Pawan, Kabupaten Ketapang. Desa ini memiliki luas wilayah sebesar 7621 hektar dan berbatasan dengan Desa Tempurukan di sebelah utara, Desa Tanjung Pura di sebelah timur, Desa Sukamaju di sebelah selatan, serta Selat Karimata di sebelah barat.

Desa ini memiliki 4 dusun, yaitu Dusun Simpang Empat, Dusun Pematang Merbau, Dusun Tanjung Belandang, dan Dusun Kali Baru. Desa ini juga terdiri dari 17 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 4.147 jiwa dari 1.301 Kepala Keluarga. Mayoritas penduduk Desa Sungai Awan Kiri berasal dari suku Melayu sebanyak 3.937 jiwa atau 93%, sedangkan sisanya berasal dari suku Jawa, Tionghoa, dan Dayak sebanyak 8%.

Kemenangan desa yang telah mengembangkan inovasi desa Digides (Digitalisasi Desa) ini, juga merupakan motivasi untuk mendapatkan prestasi tingkat provinsi dalam lomba desa tingkat provinsi kedepannya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Ketapang pernah membawa Desa Terbaik yaitu Desa Paya Kumang memperoleh gelar Juara Pertama Tingkat Provinsi pada tahun 2022.

“Tentu kemenangan ini menjadi motivasi bagi kami Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Sungai Awan Kiri untuk mempersiapkan kembali secara maksimal untuk lomba tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat mewakili Kabupaten Ketapang” tuturnya.

Baca juga  Wanita Muda Pantang Menyerah: Indah Kumalasari, Pedagang Jajanan Keliling Kantor Bupati Ketapang

Selanjutnya menurut Sapwan, Desa Sungai Awan Kiri memiliki tugas yang berat, khususnya untuk mempertahankan prestasi Kabupaten Ketapang dalam memperoleh juara pertama di tingkat provinsi tersebut, oleh karena itu diperlukan dukungan dari semua stakeholder terkait.

“Saya berharap atensi pemerintah daerah Kabupaten Ketapang, dan stakeholder terkait, untuk ikut serta membantu kami dalam mempersiapkan lomba desa tingkat provinsi tahun 2023 ini, karena ini bukan lagi sekedar hanya membawa nama Pemerintah Desa Sungai Kiri Saja, tetapi sudah membawa Nama Baik serta marwah Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang” ungkap Sapwan. (Dmin).