Kepengurusan DPK-IKAPTK 2023-2028 Ketapang Resmi Dikukuhkan.

Ketapang, InfoKetapang – Kepengurusan Dewan Pengurus Kabupaten – Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK-IKAPTK) Kabupaten Ketapang periode 2023 – 2028 resmi dikukuhkan.

Kepengurusan DPK-IKAPTK tersebut dikukuhkan langsung Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Ketapang Farhan pada Rabu (17/01/2024) bertempat di Hotel Nevada Ketapang.

Farhan yang juga sebagai Wakil Ketua Dewan Penasehat DPK-IKAPTK dalam kesempatan tersebut juga mendapat anugerah PIN Anggota Kehormatan yang disaksikan langsung Bupati Ketapang Martin Rantan selaku Ketua Dewan Penasehat DPK-IKAPTK Kabupaten Ketapang.

Bupati Ketapang Martin Rantan dalam sambutannya sangat yakin organisasi DPK-IKAPTK Ketapang bisa bersinergi menjaga kekompakan dan loyalitas untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan di NKRI, khususnya Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat.

“Sebagai pamong praja harus mampu menjadi pelopor dalam inovasi dan tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan visi misi dalam pembangunan,” ucapnya.

Lebih lanjut Martin minta agar Semboyan bhineka nara eka bhakti di pegang teguh oleh setiap alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan walaupun berbeda beda suku, budaya, agama, warna kulit, dari sabang sampai merauke tetapi tetap satu pengabdian untuk negara kesatuan Republik Indonesia.

“Jiwa pamong harus di tanamkan dalam diri kita, begitu juga jiwa pelayan masyarakat, jiwa melindungi dan jiwa mengayomi ” ujarnya.

Martin berharap para alumni yang juga merupakan seorang aparatur sipil negara harus responsif terhadap isu isu yang sedang terjadi di masyarakat.

“Tahun ini berkenaan dengan perayaan pesta demokrasi bagi kita semua, mulai dari pemilihan Presiden hingga pemilihan legislatif. Oleh karena itu para Alumni yang masih aktif dalam Pemerintahan diharuskan tetap menjaga netralitas saat perhelatan lima tahunan ini berlangsung,” tegasnya.

“Sikap ini akan sangat merugikan Negara, Pemerintah dan masyarakat menyebabkan target-target Pemerintah ditingkat lokal maupun ditingkat Nasional tidak akan tercapai dengan baik,” Imbuhnya.

Baca juga  Begini Kata Bupati Ketapang, saat Kunjungi Kecamatan Marau

Selain itu, Martin juga mengingatkan Aparatur Sipil Negara agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial terutama dalam suasana kampanye atau sosialisasi di media sosial berupa postingan, komentar, membagikan tautan atau memberikan ikon like.

Lebih lanjut menurut Martin, para Alumni yang tergabung dalam DPK-IKAPTK Ketapang dan yang berada pada setiap lini jabatan di Pemerintahan Daerah Kabupaten Ketapang merupakan modal yang besar untuk melakukan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik.

Martin juga berharap kepada seluruh pengurus DPK-IKAPTK Ketapang yang baru dilantik, setiap pengurus di bagian atau bidang masing-masing dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan dan program yang akan dikerjakan kedepan akan berdampak terhadap kemajuan Kabupaten Ketapang.

“Saya berharap kepada seluruh alumni tidak hanya menjadi role model tetapi juga harus menjadi guardian bagi core value ASN sesuai panduan perilaku berakhlak sehingga dapat mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih dan berorientasi pelayanan ” tutupnya.(wd)