Pemda Ketapang Akan Tangani Jalan Pelang-Indotani dan Kepuluk Batu Tajam Melalui APBD 2024

Ketapang, InfoKetapang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang akan tangani Jalan Pelang-Indotani dan Kepuluk Batu Tajam melalui APBD 2024.

Hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo saat menjadi Pembina Apel Pagi dilingkungan Sekretariat Daerah Ketapang, Senin (08/01/2024) lalu, di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

“Saya mendapatkan informasi bahwa jalan Pelang mulai ada beberapa titik yang parah karena pengaruh hujan dan cenderung bisa putus, dan ini sangat mengganggu,” ujarnya.

Alex menilai, jalan Pelang tersebut sangat strategis yang menghubungkan beberapa kecamatan termasuk dengan daerah lain.

“Sebagai informasi juga, ini sudah kita akomodir dalam APBD 2024 bersumber dari DAK yang dibantu perwakilan kita di DPR RI, Namun ada juga yang lebih besar bersumber dari APBD Murni, APBD Kabupaten Ketapang yang nantinya akan menangani Pelang-Indotani dan Kepuluk-Batu Tajam.” jelasnya.

Alex dalam arahannya juga mengajak seluruh pegawai untuk mempertahankan prestasi tahun sebelumnya, serta berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Saya berharap apa yang sudah kita capai pada tahun-tahun sebelumnya dapat kita pertahankan dan menjadi start awal untuk bekerja lebih baik, profesional dalam melayani dan mengabdi untuk masyarakat, jadi ditahun 2024 ini jangan sampai menurun,” ujarnya.

Oleh karena itu, Alex berharap agenda rutin yang sudah dimulai sejak tahun 2022 sampai 2023 agar tetap dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

“Hal ini untuk memupuk semangat kerja, motivasi kerja dan menjadi pendukung kerja kita dalam melayani masyarakat.” ucapnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Alex juga menekankan pentingnya transparansi dengan penggunaan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan pengumuman informasi kepada publik.

“Seperti yang saya sampaikan dulu, setiap OPD yang ada harus Informatif didalam menyampaikan informasi-informasi pembangunan, informasi pemerintahan, sosialisasi, regulasi kebijakan, maupun didalam merespon setiap keluhan-keluhan dari masyarakat,” sebutnya.

Baca juga  PKK Ketapang Raih Juara III dan Harapan 1 se-Kalbar pada HKG PKK ke-51 Tingkat Provinsi Kalbar

“Kita ingin menunjukkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui transparansi informasi publik, informasi harus kita sampaikan sepenuhnya kepada masyarakat supaya semua kalangan tahu bahwa kita ini bekerja dan tidak ada lagi yang perlu disembunyikan.” lanjut Alex.

Selanjutnya mengakhiri arahannya pada Apel tersebut, Sekda Alex mengajak seluruh instansi untuk bersinergi dan mempublikasikan informasi pembangunan demi keterbukaan dan keberhasilan pemerintahan daerah.

“Saya harapkan informasi pembangunan seperti jalan Pelang itu juga bisa dipublikasikan, supaya masyarakat tahu informasi berimbang dan adil,” harapnya.

Untuk setiap OPD, Ia minta agar mempersiapkan Informasi proyek-proyek strategis, program-program strategis, program-program prioritas daerah yang berdampak luas dan berpengaruh terhadap masyarakat.

“Ini dimaksudkan agar masyarakat tahu apa yang kita lakukan di tahun ini dan itulah nanti menjadi tolak ukur kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang tahun 2024.” tutupnya.

Kegiatan apel rutin ini dihadiri seluruh Staff Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Bagian dan seluruh ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Ketapang.(wd)