Apel HAB ke-78, Kepala Kemenag Ketapang Ajak Netralitas ASN Pada Pemilu 2024

Ketapang, InfoKetapang – Membacakan sambutan Menteri Agama pada Apel Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang Drs. H. Syarifendi, M.Si. mengajak kepada seluruh ASN Kemenag, agar menjaga netralitas pada helatan Pemilihan Umum tahun 2024.

Dikatakannya, Pada tahun 2024, bangsa Indonesia dihadapkan pada peristiwa politik, yakni Pemilihan Umum. Agenda politik ini adalah satu hal yang lumrah dan merupakan agenda bagi semua sebagai warga negara.

“Dalam kesempatan ini, saya mengajak untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar. Bagi ASN Kementerian Agama, jagalah netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan,” kata Syarifendi bacakan sambutan Menag, Rabu (03/01/2024).

Dengan balutan netralitas itu, ia meminta kepada ASN Kementerian Agama untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. “Mari kita kawal pemilihan umum ini dari potensi penggunaan politik identitas, terutama identitas keagamaan,” tegasnya.

Menag juga meminta agar mengkampanyekan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan politik identitas karena madharat-nya sangat besar dan dapat berujung pada disintegrasi bangsa. “Jadikan pemilihan umum sebagai agenda yang penuh riang gembira dan suka cita,” pintanya.

Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, Menag juga mengajak kepada jajarannya untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan dalam mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama.

Menurutnya, sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, tugas Kementerian Agama tidaklah ringan.

Di antara tugas berat itu adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.

“Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah fondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan,” tegasnya.

Baca juga  Qatar Juara Piala Asia 2023, Afif Cetak Hattrick di Final

Apel HAB ke-78 di Ketapang berlangsung di halaman Kantor Kemenag Ketapang. Apel internal itu dihadiri seluruh ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Ketapang, diantaranya Kasubag TU, paras kasi dan penyelenggara, pengawas, kepala KUA, kepala madrasah negeri dan swasta serta dewan guru.

Usai dilaksanakannya Apel, panitia adakan penyerahan doorprize melalui pencabutan undian kupon kepada masing-masing peserta apel. Hadiah doorprize semula akan diserahkan pada saat diadakan jalan sehat, akan tetapi belakangan ada pembatalan kegiatan dari panitia. (wd)