Gawai Dayak Bapalas Banua IV Kendawangan resmi dibuka Sekda Ketapang

Ketapang, InfoKetapang – Sekda Ketapang Alexander Wilyo yang juga bergelar Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik, Raden Cendaga Pintu Bumi Jaga Banua membuka secara resmi Gawai Dayak Bapalas Benua IV Kecamatan Kendawangan, pada Sabtu (09/12/2023), di Dusun Air Merah, Desa Bangkal Serai, Kecamatan Kendawangan.

Rangkaian kegiatan Bapalas Benua IV tersebut diawali dengan ritual adat Bapalas Benua. Usai ritual Bapalas Benua dilanjutkan peletakan batu pertama Gereja Katolik St. Bona Ventura Air Merah, Desa Bangkal Serai, Kecamatan Kendawangan serta penanaman pohon.

Setelah itu, lanjut lagi dengan acara Kisar Pesalin Pesibur Sekda Ketapang di rumah adat Dusun Air Merah oleh masyarakat adat Dayak Membulu Lima, Kecamatan Kendawangan, dengan Gelar Raden Cendaga. Pemberian gelar Raden Cendaga di Air Merah ini adalah pemberian gelar kehormatan, yang ke-9 kalinya untuk Sekda Ketapang.

Alex dalam sambutannya mengapresiasi acara pembukaan Gawai Dayak Bapalas Benua IV Kecamatan Kendawangan.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, Saya mengapresiasi Ketua DAD Kabupaten Ketapang, Ketua DAD Kecamatan Kendawangan, dan secara khusus kepada Panitia, yang sudah melaksanakan melaksanakan Gawai Adat Bapalas Benua yang ke-4 ini,” ujarnya.

Sekda Alex juga berterima kasih kepada Forkopimcam Kendawangan, Camat, Danramil dan Kapolsek Kendawangan.

“Secara pribadi, saya juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para domong, para temenggung, dan seluruh masyarakat adat Kendawangan, yang telah memberikan gelar kehormatan secara adat,” ujarnya.

Selanjutnya, menanggapi keinginan masyarakat Dusun Air Merah, yang ingin melakukan pemekaran Desa, Alex mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang sangat terbuka terhadap masyarakat, yang ingin memekarkan desa.

“Silakan diajukan, jika ingin melakukan pemekaran Desa dan syarat-syaratnya juga harus dipenuhi,” katanya.

Baca juga  Turnamen Pencak Silat Sekda Cup II tahun 2023, Resmi dibuka

Selain itu, Alex berharap agar acara Gawai Dayak Bapalas Benua IV Kecamatan Kendawangan dapat berjalan lancar dan sukses.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan gawai adat Bapalas Benua ini supaya terus terlaksana. Pemda Ketapang juga sangat komitmen mendukung kegiatan budaya semua etnis, yang ada di Ketapang,” pungkas duta Kalimantan yang baru menyelesaikan PKN Tingkat 1, angkatan ke-58, yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) ini.

Acara Adat Bapalas Benua IV Kecamatan Kendawangan ini turut dihadiri antara lain, Danlanal Ketapang, OPD Ketapang, para Ormas Dayak di Ketapang, para sesepuh adat, dan beberapa utusan DAD Kecamatan.(wd)