Kunker Desa Harapan Baru, Bupati Ketapang tinjau Posko Kesehatan Gratis

Ketapang, InfoKetapang – Antusias masyarakat Desa Harapan Baru menyambut Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos saat Kunjungan Kerjanya di Kecamatan Air Upas dalam rangka menghadiri Pelantikan PKK Kecamatan dan Desa, pada Kamis (21/09/2023).

Bupati dalam kunjungan kerjanya didampingi Ketua PKK Ketapang Ny. Elisabeth Betty Martin, Asisten I Setda, Asisten III Setda, Staff Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat Air Upas, Camat Marau, Kepala Desa, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga meninjau posko kesehatan yang disiapkan Puskesmas Air Upas.

Bupati melalui sambutan tertulis yang disampaikan Staff Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs. H. Darma, M.Pd mengucapkan terima kasih terima kasih kepada tenaga kesehatan karena telah melakukan kegiatan pemeriksaan pelayanan kesehatan gratis di Desa Harapan Baru.

Selain itu, Beliau juga mengucapkan selamat kepada ketua TP PKK yang baru dilantik.

“Saya harap para Ketua PKK yang baru dilantik harus bekerja sesuai dengan tugas kewajiban dan wewenang yang diamanatkan,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Beliau juga mengajak semua masyarakat untuk menyukseskan Napak Tilas tahun 2023 di Bulan Oktober.

Lebih lanjut, Staff ahli juga menyebut 10 proyek strategis daerah, salah satunya Peningkatan Ruas Jalan Kabupaten, Pembangunan Ruas Jalan Baru dan Jembatan Pawan VI.

“Berkaitan dengan jalan ini, masyarakat agar tahu bahwa jalan itu ada jalan Kabupaten, jalan Provinsi dan jalan Nasional, jadi jangan semua jalan disebut jalan Kabupaten,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Ketapang Ny. Elisabeth Betty Martin mengingatkan bahwa TP PKK hendaknya mampu menjalankan garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkwalitas dalam aspek moral, pendidikan kesehatan, sosial budaya,ekonomi dan lingkungan hidup.

“Tugas dan fungsi TP PKK mengandung makna, diantaranya dituntut untuk memahami bagaimana mengelola gerakan PKK agar mampu melakukan fungsi sebagai ketua TP Penggerak PKK Kecamatan dan Desa, juga tak kalah pentingnya adalah harus mampu menjadi figur yang dapat menjadi panutan bagi pengurus dan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga  Pameran Artefak Rasulullah di Ketapang resmi dibuka hari ini

Disisi lain, Kepala BKPSDM Ketapang Drs. Sugiarto, M.Ap dalam kesempatan tersebut membahas terkait tenaga kontrak.

Ia menginformasikan bahwa telah dibuka formasi penerimaan tenaga kontrak dan PPPK dengan jumlah 999, terdiri dari untuk tenaga guru 593, untuk tenaga kesehatan 305 dan tenaga teknis 101 formasi.

“Ini untuk mengakomodir dari 6734 tenaga kontrak dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Ketapang,” jelasnya.

“Untuk diketahui dari 6734 yang kami kirim datanya ke BKN yang bisa diterima BKN itu hanya 5047, sesuai aplikasi, artinya yang masuk BKN tersebut berpeluang untuk dapat mengikuti PPPK dan PNS, yang sisanya akan kami petakan, dengan kebijakan Bupati Ketapang akan di tampung dengan tenaga Outsourcing,” jelasnya.(wd)