Yuk ! Ikut Lomba Dayung Mini Desa Negeri Baru Dalam Rangka Merayakan Tradisi Robo’-Robo

Ketapang – Infoketapang. Desa Negeri Baru akan merayakan kegiatan tradisi robo’-robo’ dimeriahkan dengan kegiatan lomba dayung mini. Kegiatan robo’-robo’ ini rencananya dilaksanakan pada tanggal 13 September 2023 dan lomba dayung mini tanggal 17 September 2023.

Robo-robo merupakan upacara tolak bala yang dilakukan masyarakat Kalimantan Barat di hari Rabu Minggu terakhir bulan Safar. Tradisi ini dilakukan biasayanya di pinggir sungai untuk membaca do’a bersama dan ditutup dengan acara makan bersama.

Menurut salah satu panitia, Sudarmin (Pj. Sekdes Desa Negeri Baru) “Kegiatan ini merupakan tradisi yang ditujukan untuk merawat sejarah dan kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat, khususnya di Desa Negeri Baru yang memiliki sejarah penting di Ketapang” pungkasnya.

Selain itu Sudarmin menjelaskan bahwa dalam rangka robo-robo, pemerintah Desa Negeri Baru mengadakan lomba dayung mini, dimana masing-masing kelompok terdiri hanya 2 orang peserta.

Kegiatan do’a bersama hanya diikuti oleh warga desa negeri baru yang rencananya diselenggarakan tanggal 13 September 2023, sementara untuk perlombaan ditujukan juga untuk umum yang diselenggarakan pada tanggal 17 September 2023. (JA)