Kenakan Batik Khas Ketapang, Wabup Farhan Hadiri Malam Ta’aruf dan Karnaval Keriang Bandong

KETAPANG, InfoKetapang – Kenakan batik khas Ketapang Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si bersama Istri Hj. Ervani Masitha Farhan yang juga Wakil Ketua PKK Ketapang menghadiri Malam Ta’aruf dan Karnaval Keriang Bandong dalam rangka pelaksanaan MTQ XXXI Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Sanggau, pada Kamis (24/08/2023) bertempat di Mess Pemkab Sanggau.

Nampak hadir juga mendampingi Wakil Bupati Ketapang Ketua LPTQ Ketapang Drs. H. Satuki Huddin, M.Si, Wakil Ketua LPTQ Ketapang, H.Marwannor, MM, Sekretaris Umum LPTQ Ketapang H. Arifinsyah, S.Sos.I dan pengurus LPTQ Ketapang lainnya.

Kegiatan Malam Ta’aruf biasa dilakukan setiap jelang Pembukaan MTQ acara yang bergengsi di Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Sanggau Paolus Hadi dalam kesempatan tersebut menyambut baik dan mengucapkan selamat datang kepada Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Ketua LPTQ se-Kalimantan Barat dan tamu undangan yang hadir.

“Tentunya kami bangga bersama Bapak Ibu, malam ta’aruf ini ada yang istimewa dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, memang di Sanggau ini kita punya tradisi yang namanya Keriang Bandong,” ujarnya.

Lebih menarik lagi, dikatakan Bupati Paolus Hadi, tradisi Keriang Bandong kali ini tidak didarat tetapi disungai dengan perahu yang di hias.

“Selain itu Saya senang bisa menerima bapak ibu sekalian dengan segala kekurangan dan sedikit kelebihan yang kami punya, tentunya dalam pelaksanaan MTQ ini kita ingin bersama-sama mensyiarkan Al-Qur’an sebagaimana tema yang sudah disampaikan,” ucapnya.

Selanjutnya kegiatan malam ta’aruf tersebut semakin meriah setelah karnaval Keriang Bandong dilepas langsung Bupati Sanggau dengan didampingi Bupati dan Wakil Bupati se-Kalimantan Barat.

Kabupaten Ketapang menampilkan Keriang Bandong Perahu Lancang Pelang Prabu Jaya, dengan warna khas kuning Melayu dan lampu hias menambah daya tarik mata memandang.

Baca juga  Bupati Ketapang ajak Semua Pihak Perangi Stunting di Kabupaten Ketapang

Selain itu, disamping Festival Keriang Bandong juga dilakukan penukaran cinderamata dari 14 Kabupaten/ Kota se-Kalimantan Barat termasuk Kabupaten Ketapang.(wd)