Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pengibaran Bendera HUT ke-78 Kemerdekan Republik Indonesia

KETAPANG, InfoKetapang – Bupati Ketapang Martin Rantan menjadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada Kamis (17/08/2023) bertempat di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Kegiatan ini dihadiri juga Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si, Sekda Ketapang Alexander Wilyo, S.STP.,M.Si, Forkopimda Ketapang, Staff Ahli Bupati, Asisten Setda Ketapang, Para kepala OPD, Instansi Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas dan lainnya.

Upacara Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung Tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Tema HUT RI tahun ini menyiratkan ajakan kepada seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama melanjutkan pembangunan dengan menggelorakan semangat berkolaborasi dan bersinergi.

Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S.Sos.,M.Si membacakan Naskah Proklamasi yang pada 78 tahun lalu dikumandangkan Proklamator Soekarno sebagai tanda Indonesia telah merdeka.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ketapang selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara yang hadir untuk mengheningkan cipta.

Kemudian dilakukan pembacaan doa oleh Kementerian Agama Kabupaten Ketapang

Upacara dilanjutkan dengan Pengibaran Sang Merah Putih yang dibawa oleh anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Brigita Ragil yang merupakan siswi SMA Yohanes Ketapang.

Selanjutnya setelah upacara peringatan HUT ke-78 RI, juga dilakukan penyerahan dari Kementerian hukum dan ham RI tentang pemberian remisi, penyerahan piala dan sertifikat penghargaan Kabupaten Layak Anak tahun 2023 kepada Kabupaten Ketapang, penyerahan penghargaan pameran Apkasi Otonomi Expo tahun 2023 kepada Kabupaten Ketapang, penyerahan penghargaan tribun Pontianak award 2023 kepada Kabupaten Ketapang, penyerahan piagam penghargaan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Ketapang kepada SMPS Bumitama Metro Kendawangan dan SD Swasta Bumitama Metro 2 SJYE Kendawangan, penyerahan aset pemerintah Kabupaten Ketapang sebanyak 28 sertifikat dan penyerahan piagam penghargaan lomba Desa, Bantuan dari Bank Kalbar untuk kegiatan Napak Tilas. (wd)