Pesan WhatsApp Salah Ketik! Jangan Dihapus Lagi, Sekarang Sudah Bisa Diedit

wa

Ketapang, Infoketapang – WhatsApp akhirnya memberikan kabar gembira bagi pengguna dengan mengumumkan fitur yang sangat ditunggu, yaitu pengeditan pesan, sehingga pengguna tak perlu lagi hapus pesan.

Dalam laman blog whatsapp (blog.whatsapp.com) diumumkan baru-baru ini bahwa pengguna sekarang dapat mengubah pesan yang sudah terkirim, dan diberi waktu pengeditan dalam waktu 15 menit setelah pengiriman. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki kesalahan ejaan atau menambahkan konteks tambahan ke dalam pesan mereka.

Untuk mengedit pesan, pengguna hanya perlu menekan dan menahan pesan yang ingin diubah, kemudian memilih opsi ‘Edit’ dari menu yang muncul. Pesan yang telah diubah akan memiliki tanda “diedit” di samping stempel waktu untuk menandai perubahan. Tanda ‘edited’ ini akan muncul di pengguna dan di teman yang diberi pesan.

Namun, tidak ada riwayat koreksi yang akan disimpan oleh aplikasi, dan pengguna lain tidak dapat melihat versi pesan sebelum diedit. menurut pengumuman whatsapp tersebut.

Sebelumnya, pengguna WhatsApp hanya bisa menghapus pesan atau mengirim koreksi melalui pesan terpisah. Pada tahun lalu, aplikasi ini meningkatkan batas waktu penghapusan pesan dari dua hari (48 jam) menjadi 60 jam.

Whatsapp sekarang menyusul pesaingnya seperti Telegram yang telah lama menawarkan fitur pengeditan pesan. Bahkan Apple juga telah memperkenalkan kemampuan serupa di iOS 16, memungkinkan pengguna untuk mengedit dan membatalkan pengiriman pesan melalui iMessage. Bahkan Twitter juga memperkenalkan tombol edit untuk pengguna berbayar pada tahun sebelumnya. Meskipun batas waktu 15 menit untuk mengubah pesan mungkin tidak sepanjang 48 jam seperti di Telegram, namun ini merupakan peningkatan yang signifikan untuk whatsapp.

Bagi yang sering salah ketik, atau terburu-buru, sekarang tak perlu hapus pesan yang salah tersebut, tetapi cukup diedit. Terkadang teman yang diajak berbicara bertanya-tanya ‘kenapa dihapus?’ atau ‘ape tu, ngape dihapus te? Menambah kecurigaan lawan bicara.

Baca juga  Wabup Farhan Menutup Pembinaan dan Pelatihan Pengurus Flobamora

Cara edit chat WhatsApp yang sudah terkirim

  1. Tekan dan tahan pesan terkirim yang akan diedit
  2. Pilih edit di menu drop-down, kemudian edit
  3. Pesan yang sudah diubah akan memiliki label ‘edited’

Fitur pengeditan pesan ini sangat diapresiasi oleh pengguna yang sering membuat kesalahan ejaan atau ingin memberikan informasi tambahan setelah mengirim pesan. Dengan adanya fitur ini, mereka dapat dengan cepat memperbaiki pesan mereka tanpa mengirim koreksi terpisah yang dapat membingungkan penerima. Selain itu, pengguna juga tidak perlu khawatir tentang pesan yang dihapus karena fitur ini menggantinya dengan tanda “Pesan ini telah dihapus” yang jelas. (DrN)