Karena Hobi Desain Grafis, Deni Berani Lepas dari Guru Kontrak Demi Usahanya

d'studio ketapang

Pojok UMKM. Ketapang, Infoketapang – Kali ini, tim redaksi infoketapang menemui pemilik usaha yang mempunyai brand bisnis D’Studio, berusaha di bidang percetakan dan avertising. Ditemui di tempat usahanya, di Jalan Sultan Jalaludin, Kauman Ketapang, Senin (22/05/2023).

Deni telah memulai usaha percetakan dari tahun 2015. Setelah lulus dari kuliah jurusan Pendidikan Agama Islam, Deni merintis usaha ini dengan menggadaikan motor bit istrinya.

“Mengingat  awal-awal dulu buka usaha, saya masih ingat, menggadaikan motor istri saya seharga Rp. 6 Juta, sebagai modal untuk beli alat-alat fotografi, dan mesin pemotong ID Card” ucap Deni saat di wawancara tim redaksi infoketapang.

Lulusan STAI Al-Haudl tahun 2014 ini sebelumnya bekerja sebagai Guru kontrak di SD 22 Matan Hilir Selatan.

“Saya memang dari dulu punya hobi dibidang desain-desain, jadi pikir saya lebih cocok berusaha sendiri mencari cuan dari hobi saya” tutur Deni.

Selain didasari dari hobi, pecinta karakter Naruto ini awalnya buka usaha juga didorong oleh rasa kurang cocok bekerja sebagai guru, yang menurutnya tidak ada kebebasan. Kerja sebagai guru kontrak selama 3 tahun, akhirnya dilepasnya, kemudian fokus ‘banting setir’ mengembangkan usahanya.

Jenis usahanya beragam, dari mulai desain grafis, cetak undangan, cetak ID-Card, buku, cover Yasin, MUG, Stemple, Neon Box, desain logi dan lain-lain. Sebagai gambaran, menurut Deni, dari sablon MUG didapat keuntungan bersih 2x lipat dari harga modal sablon 1 MUG, demikian juga pada cetak undangan, cuan yang didapat bersih bisa 70% dari modal yang masuk ke kocek, belum jenis produksi yang lainnya, cair bersih rata-rata diatas 50%.

“Peluang percetakan dan advertising di ketapang masih terbuka lebar dan meningkat terus” ucap Deni.

Baca juga  Pemusatan Pelatihan Paskibraka Ketapang dibuka

Dari wawancara dengan tim redaksi infoketapang, ternyata Deni juga hobi menekuni seni musik sebagai pemain gitar, pernah mendapatkan Juara III di festival pemuda 2022 Ketapang.

“Selain usaha percetakan ini, saya juga menerima panggilan mengisi pentas musik di Cafe-cafe, atau acara wedding, event, dll, sebagai sesion player, dari sini lumayan…ada pemasukan lain” tutur Deni.

Percetakan dan adversiting D’Studio buka setiap hari dari jam 8:00 pagi sampai jam 17:00 sore, kecuali hari minggu tutup. (DrN)