FKUB Ketapang Resmi dikukuhkan, Ketua FKUB Terpilih Paparkan Program Kerjanya.

Ketua FKUB

Ketapang, InfoKetapang – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ketapang periode 2022-2027 resmi dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut dilakukan langsung Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si dengan ditandai pemasangan pin FKUB dan penyerahan SK, pada Jum’at (12/05/2023) bertempat di Pendopo Bupati Ketapang.

Pengukuhan berdasarkan Keputusan Bupati Ketapang nomor 766/BKBP tentang Penetapan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Ketapang periode 2022-2027.

Ketua FKUB Ketapang terpilih Drs. Heronimus Tanam, ME dalam kesempatan tersebut mengatakan ada beberapa hal yang sangat prinsip dalam FKUB, disamping mengutamakan dialog dengan tokoh-tokoh agama juga turut andil dalam mengamankan situasi toleransi yang ada di Kabupaten Ketapang.

“Oleh karena itu, kami punya program yang utama yaitu meningkatkan dialog kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan bahkan juga tokoh etnis kedepannya,” ucap Tanam saat ditanya awal media.

Lebih lanjut disampaikan Tanam bahwa FKUB tidak bisa bekerja sendiri, jadi kedepan akan dibentuk FKUB Kecamatan.

“Kemudian juga ada program pusat yang Desa Toleransi bekerjasama dengan kementerian agama ini juga yang utama,” terangnya.

Asisten III setda ini juga memaparkan, sasaran-sasaran FKUB kedepan akan melakukan sosialisasi kepada anak-anak sekolah SMK, SMA terkait toleransi.

“Dalam waktu yang sangat dekat, kita juga turut andil dalam program nasional yaitu pemilu 2024,” ujarnya.

“Kita akan mengantisipasi jika ada gesek-gesekan keagamaan yang mungkin kita tidak sadar. Syukur sampai hari ini kita di Kabupaten Ketapang tidak terjadi,” pungkas Tanam.(wr)