MONITORING PENILAIAN SUMATIF, DINAS PENDIDIKAN PERLU TURUN

Monev Dinas Pendidikan Ketapang

Ketapang, Infoketapang – Tim monitoring dan evaluasi Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang melakukan monitoring penilaian sumatif hari ini, Rabu.  Monitoring dan evaluasi (Monev) ini telah dijadwalkan Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang dari hari senin, 8 Mei 2023 hingga sabtu mendatang 13 Mei 2023 untuk jenjang sekolah dasar dan jenjang sekolah menengah pertama di 20 Kecamatan Kabupaten Ketapang (10/5/2023).

Monitoring dan evaluasi ini berkenaan dengan pelaksanaan penilaian sumatif akhir jenang SD maupun SMP. Penilaian sumatif merupakan penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.

Salah satu tim monev yang ditemui tim redaksi infoketapang (Gugun) menjelaskan bahwa “Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan”.

Penilaian sumatif dapat dilakukan dengan memberikan kuis atau ujian harian untuk mengetahui sejauh mana kemampuan para siswa dalam memahami materi yang sudah disampaikan. Setelah tes selesai, guru menganalisis hasil tes tersebut dan memberikan nilai akhir bagi setiap siswa.

Diperlukan monitoring dan evaluasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang kepada satuan pendidikan agar proses penilaian sesuai aturan dan kebijakan pendidikan, mengingat tes atau ujian sumatif berbeda dengan penilaian sumatif. Hal yang sering terjadi kesalahpahaman di satuan pendidikan kabupaten Ketapang.

“Penilaian ini bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan” ujar Gugun.

Kegiatan monitoring dan evaluasi penilaian sumatif dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang ini, juga diikuti bersama koordinator wilayah kecamatan (Korwilcam). (JA)