Gebyar Talenta Pendidikan Tahun 2024 Resmi di Buka

Ketapang, InfoKetapang – Mewakil Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024, pada Senin (29/04/2024) bertempat di Halaman Kantor Bupati Ketapang.

Kegiatan ini diawali dengan Defile para kontingen dari 20 Kecamatan di Kabupaten Ketapang dan penampilan tarian kolosal. Kegiatan yang digelar ini merupakan pertama kali dilakukan dengan menggabungkan beberapa kegiatan dalam 1 event besar.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembuktian kemampuan tetapi lebih dari itu sebagai medium pembentukan karakter dan mengasah minat bakat generasi muda yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan di masa depan,” ujar Alex saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa Gebyar Talenta Pendidikan ini terdiri dari serangkaian acara yang meliputi: Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Sains Nasional (OSN), Gala Siswa Indonesia (GSI), dan Pameran Gelar Karya Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Dengan menggabungkan kelima kegiatan ini dalam satu wadah Gebyar Talenta Pendidikan Kabupaten Ketapang, kita ingin mengirimkan pesan bahwa pendidikan di Kabupaten Ketapang adalah holistik dan inklusif. Kita tidak hanya fokus pada pengembangan aspek akademik saja, tetapi juga mengembangkan bakat, minat, serta kesehatan fisik dan emosional siswa kita,” tuturnya.

Selain itu, Alex juga berpesan bahwa setiap tantangan yang dihadapi, setiap kegagalan yang mungkin dialami, adalah bagian dari proses belajar. Jadikanlah setiap pengalaman sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik.

“Kalian yang menjadi juara nanti akan menjadi wakil Ketapang pada lomba ataupun pertandingan tingkat Provinsi. Ini adalah prestasi yang luar biasa. Bahkan jalur prestasi itu bisa kamu pilih untuk meneruskan sekolah jenjang berikutnya,” ucapnya.

Baca juga  Bupati Ketapang Ingatkan OPD Selalu Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

“Kepada yang belum juara, tidak perlu perkecil hati. Kalian yang mewakili kecamatan adalah yang terbaik yang ada di kecamatan kalian. Terus berlatih dan pantang menyerah. Masih ada kesempatan mengikuti kegiatan dan menjadi juara di tahun depan,” tambah Alex.

Selain itu Ia juga mengucapkan terima kasih Kepada para panitia, pengawas, guru, pelatih, dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan ini karena tanpa dukungan dan dedikasi semua pihak acara ini tidak akan mungkin terlaksana dengan sukses.

“Semoga kegiatan Gelar Talenta Pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Ketapang ini menjadi langkah maju bagi Pendidikan di daerah kita, termasuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, yaitu melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Selanjutnya, menandai pembukaan kegiatan ini Sekda Ketapang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan tamu undangan melepas balon ke udara dan juga dilakukan penyerahan piala bergilir.(wd)