Besok, 4 TPS di Ketapang Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Ketapang, InfoKetapang – Pemilihan Umum (PEMILU) Pilpres dan Pileg di Indonesia telah usai dilaksanakan.

Saat ini KPU pusat telah melakukan penghitungan surat suara yang telah terkumpul dari seluruh wilayah Indonesia.

Menurut data yang dihimpun InfoKetapang, sudah mencapai 73% penghitungan yang telah dilakukan KPU saat ini.

Dibalik Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2024 ini, terdapat banyak permasalahan yang terjadi, salah satunya terjadi Kalimantan Barat Kabupaten Ketapang.

Sebanyak 4 Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ketapang telah mengeluarkan Surat Rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar dilakukan PSU.

Ada 4 TPS yang berpotensi pemilihan ulang yakni TPS 1 Kelurahan Tengah, Kecamatan Delta Pawan, TPS 4 Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan dan TPS 4 Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, serta TPS 11 Kelurahan Tuan-tuan, Kecamatan Benua Kayong,” ujar Ketua Bawaslu Ketapang, Moh.Dofir, Senin (19/2).

Moh Dofir menerangkan, PSU di rekomendasikan karena adanya pemilih yang ikut dalam mencoblos di TPU tersebut berasal dari luar daerah dan tidak terdaftar dalam pemilih tambahan.

“Pemilih KTP luar daerah, tidak terdaftar dalam pemilih tambahan,” tutupnya.

Ketua KPU Ketapang Abdul Hakim membenarkan hal tersebut, pihaknya telah menerima surat rekomendasi dari Bawaslu Ketapang dan akan segera melakukan PSU.

“Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang di Tempat Pemungutan Suara 004 Desa Suka Bangun Kecamatan Delta Pawan, 001 Kelurahan Tengah Kecamatan Delta Pawan, 004 Desa Mekar Utama Kecamatan Kendawangan dan 011 Kelurahan Tuan-Tuan Kecamatan Benua Kayong akan dilakukan pada hari Kamis tanggal 22 Februari 2024,” ucapnya.(wd)