Hujan Lebat di TPS 02 Sampit, Petugas Panik

Ketapang, InfoKetapang – Hujan deras melanda saat penghitungan suara Pilpres (Pemilu Presiden) dan Pileg (Pemilu Legistlatif) di TPS 02 di Kelurahan Sampit Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, pada Rabu (14/02/2024) lalu.

Hujan yang terjadi tersebut mengakibatkan para petugas panik, namun tidak menjadi kendala bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat, hingga perhitungan tersebut dilakukan sampai selesai.

Sebelumnya sempat penghitungan suara akan dipindahkan ke rumah ketua KPPS, karena hujan semakin deras, namun dengan saling berkoordinasi dengan Pengawas TPS (PTPS) dan para saksi partai penghitungan tetap dilakukan di TPS.

Pengawas TPS (PTPS) Nain menjelaskan hujan deras terjadi sekitar pukul 18.00, membuat para petugas dan para saksi panik.

Ia sempat menyarankan KPPS untuk berkoordinasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

“Kami lalu memutuskan bersama bahwa penghitungan tetap dilakukan di TPS agar tidak terjadi anggapan pemilu tidak jurdil (Jujur dan Adil),” ujarnya.

Penghitungan suara di TPS 02 selesai hingga lebih 24 jam. Sekitar pukul 08.00 pagi, KPPS baru menyerahkan kotak suara ke PPS Kelurahan Sampit.

Salah satu lamanya penghitungan suara di TPS 02 dikarenakan penggadakan C-hasil melalui mesin fotocopy yang disiapkan KPPS macet.