Wakil Bupati Ketapang hadiri Penyerahan RSPO kepada Perkebun Plasma mitra Cargil

Ketapang, InfoKetapang – Wakil Bupati Ketapang Farhan mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Ketapang akan terus mendukung upaya-upaya keberlanjutan dalam sektor perkebunan kelapa sawit.

Hal ini dikatakan Wabup Farhan saat menghadiri kegiatan penyerahan Premium RSPO (Roundtable of Sustainable Palm Oil) kepada perkebunan plasma mitra Cargil, Kamis (28/12/2023) bertempat di Hotel Nevada Ketapang.

“Pemkab akan terus mendorong dan menyediakan bantuan yang diperlukan bagi petani Plasma Pir Trans agar dapat mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan,” ujar Farhan.

Farhan menyebut bahwa melalui kemitraan antara petani Plasma Pir Trans, PT Poliplant Sejahtera dan Cargill Tropical Oil dapat memberikan peluang kepada petani lokal untuk terlibat dalam industri kelapa sawit secara lebih berkesinambungan.

“Prestasi ini adalah bukti nyata bahwa kerja keras, inovasi dan komitmen terhadap keberlanjutan dapat menghasilkan hasil yang memuaskan,” katanya.

“Saya berharap pencapaian ini dapat menjadi inspirasi bagi petani lainnya untuk mengadopsi praktik-praktik berkelanjutan dalam usaha mereka,” lanjut Farhan kepada media usai menyaksikan penyerahan premi RSPO.

Selain itu, Farhan menjelaskan, sangat memungkinkan petani swadaya untuk mendapatkan RSPO dari perusahaan perkebunan, namun dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

“Premium RSPO itu tidak hanya kepada mitra yang terkait dengan adanya koperasi, tetapi yang masyarakat dengan swadaya dalam lingkup perusahaan itu bisa dapat sepanjang syarat administrasi terpenuhi, syarat pengelolaan lingkungan, kebun dan syarat-syarat lainnya terpenuhi,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan penyerahan ini Deputy General Manager PT Cargill, Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Ketapang, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM), Perdagangan dan Perindustrian Ketapang dan Koperasi yang menerima Premium RSPO.

Untuk diketahui, sebanyak hampir Rp 1 miliar lebih Premium Roundtable Sustainability Palm Oil (RSPO) diberikan perusahaan perkebunan Cargill kepada Pekebun Plasma Mitra Cargill yaitu 8 koperasi di lingkungan perusahaannya belum lama ini

Baca juga  PD-PKPNU Ketapang Berakhir, 170 Peserta Dinyatakan Lulus

Adapun 8 koperasi yang menerima Premium RSPO tersebut adalah Koperasi Subali Raja Sejahtera, Berkah Manunggal Sejahtera, Titipan Makmur, Rimba Kecubung Indah, Bukit Selendang Jaya, Bumi Asih, Mitra Sejahtera dan Karya Jaya. (wd)