Sambut HUT ke-78 TNI AL, Lanal Ketapang Adakan Ekspedisi Maritim dan Bakti Sosial

Ketapang, InfoKetapang – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kabupaten adakan kegiatan Ekspedisi Maritim dalam Rangka HUT ke-78 TNI Angkatan Laut, pada Senin (04/09/2023).

Selain ekspedisi maritim Lanal Ketapang juga adakan bakti sosial pengecekan kesehatan dan donor darah, pemberian sembako, dan penanaman pohon.

Kegiatan Ekspedisi dimulai dari Lanal XII Pontianak dengan iring-iringan Mobil dan motor menuju Kecamatan Sandai kemudian dilanjutkan ke perbatasan Kalbar dan berhenti di IKN (Ibu Kota Negara) Kalimantan Timur.

Wadanlantamal XII Pontianak Kolonel Marinir Budiarso mengatakan rombongan ekspedisi ini berangkat dari Lantamal XII Pontianak, berangkat pada pukul delapan dengan peserta 100 orang berhenti ditayan dilanjutkan ke Sandai dan akan berhenti ke Kalimantan Timur.

“Kegiatan Ekspedisi maritim ini sebenarnya adalah kegiatan kemasyarakatan atau sosial dan juga upaya dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

“Dan tidak kalah penting dengan ekspedisi maritim, kita mengenal wilayah yang ada di nusantara ini,” lanjutnya.

Komandan Angkatan Laut Ketapang Letkol Laut Ivan Halim menyambut baik atas kedatangan para rombongan ekspedisi maritim dan berterima kasih kepada panitia atas terlaksananya kegiatan ini.

“Semoga rombongan tim ekspedisi diberikan kesehatan, aman dan sampai ketempat tujuan di IKN Kalimantan Timur,” ujarnya.

Sementara itu mewakili Bupati Ketapang, Staff Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM Absalon mengatakan Ekspedisi maritim ini merupakan bukti nyata dari keseriusan TNI AL dalam menjaga kedaulatan, melindungi kepentingan nasional, mendukung perdamaian dan keamanan negara.

“Dalam pelaksanaan ekspedisi maritim ini, saya menghimbau kepada seluruh anggota TNI AL untuk menjunjung tinggi kejujuran dan disiplin dalam menjalankan tugasnya,” ujar Staff ahli saat membacakan sambutan tertulis Bupati Ketapang.

Lebih lanjut Staff Ahli berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada generasi penerus khususnya masyarakat.

Baca juga  Hadiri Safari Ramadhan, Wabup Serah Bantuan Beras

“Saya mengapresiasi komitmen dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh TNI AL dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam menjaga keamanan dan perbatasan negara. Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan dari pihak Kabupaten maupun unsur Kecamatan,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Wadanlantamal XII Pontianak, Kol. Budiarso, SE, Danlantamal Ketapang Letkol Laut Ivan Halim, MTR.,Opsla, Dandim 1203 Ketapang Letkol CZI Agus Ikhwanto, SE.,M.Han, Kapolres Ketapang AKBP, Tommy Ferdian, S.I.K.,MH, Kajari Ketapang Ibu R A Ardhini Ardhani, SH, Kepala Dinas Perhubungan Ketapang, Kadis Peternakan dan perkebunan, Kabag Tapem Setda, staff Kecamatan Sandai dan lainnya.(wd)