Kabupaten Ketapang Memulai Perjalanan Mewujudkan Visi Kota Cerdas: Bimtek Smart City Menuju Transformasi Digital yang Komprehensif!

smart city

Ketapang, Infoketapang – Dalam sorotan penuh antusiasme, Drs. Maryadi Asmu’i, MM, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, mewakili Bupati Ketapang, membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) tahap pertama Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ketapang. Acara yang digelar pada Senin (19/06/2023) bertempat di Lantai III Kantor Bupati Ketapang ini menjadi tonggak awal bagi transformasi digital dan pembangunan Kota Cerdas yang komprehensif.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Ketapang menyampaikan visi yang mempesona. “Konsep Smart City adalah tonggak pembangunan yang berkelanjutan, memberikan daya saing, dan melahirkan inovasi. Kami bertekad untuk menciptakan kesejahteraan yang mandiri, nyaman, mudah, sehat, dan makmur bagi seluruh masyarakat,” ujarnya dengan semangat menyala.

Bukan hanya retorika belaka, Staf Ahli Bupati menegaskan pentingnya peningkatan keterampilan dan profesionalisme para pegawai serta tim pelaksana yang akan bertanggung jawab dalam mewujudkan konsep Smart City. Mereka adalah pahlawan yang akan membawa perubahan revolusioner.

“Dalam upaya mewujudkan program Smart City di Kabupaten Ketapang, kami memulainya dengan menyusun Masterplan Smart City. Kami berharap hal ini akan memberikan pelayanan masyarakat yang lebih baik,” tandasnya dengan penuh keyakinan.

Menariknya, Staf Ahli Bupati membeberkan fakta mengejutkan bahwa Kabupaten Ketapang telah melewati tiga kali penilaian Smart City, menghadapi dua kegagalan, tetapi tanpa patah semangat, mereka terus berbenah. Akhirnya, pada tahun 2022, Kabupaten Ketapang berhasil meraih posisi terhormat sebagai salah satu dari 50 Kabupaten/Kota dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia.

“Saya berharap BIMTEK ini akan menjadi momentum berharga untuk meningkatkan komitmen dan semangat dalam mewujudkan Kota Cerdas di Kabupaten Ketapang,” harapnya dengan tulus.

“Tidak lupa, ikutilah diskusi ini dengan sepenuh hati, dan berikan data serta informasi yang sangat berharga kepada tim penyusun Masterplan Smart City. Dengan kerja keras dan kolaborasi, kita akan menghasilkan dokumen yang komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan Kota Cerdas Kabupaten Ketapang,” pungkasnya dengan semangat membara.

Baca juga  Martin Lantik 34 Pejabat di Lingkungan Pemkab. Ketapang

Bukan hanya hadir sebagai acara biasa, Kegiatan Bimbingan Teknis ini juga disemarakkan oleh kehadiran Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kepala OPD, Camat Delta Pawan, Camat Muara Pawan, Camat Benua Kayong, para Lurah dan Kades, serta Pimpinan Politeknik Negeri Ketapang, Peserta Kelompok Masyarakat, Komunitas IT Kabupaten Ketapang dan lainnya. (DrN)