Waspadai Juice Jacking! Ancaman Peretasan Melalui Port USB Pengisian Daya yang Harus Kamu Ketahui

Ketapang, InfoKetapang – Juice Jacking, Ancaman Peretasan Melalui Port USB Pengisian Daya. Saat ini kita perlu lebih waspada dengan ancaman peretasan yang dikenal sebagai Juice Jacking. Metode ini melibatkan penyusupan virus malware melalui port atau kabel cas USB yang umumnya digunakan untuk mengisi daya ponsel. Serangan ini sering terjadi di berbagai tempat, seperti fasilitas pengisian daya baterai melalui USB di bandara, hotel, dan tempat umum lainnya.

Juice Jacking dapat mengakibatkan pencurian data pribadi, akses ilegal ke akun online, atau bahkan kerusakan pada perangkat. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu mencegah menjadi korban:

  1. Gunakan Stopkontak dan Adaptor Cas Resmi
    Saat mengisi daya baterai ponselmu, pastikan untuk menggunakan stopkontak dan adaptor cas resmi. Hal ini mengurangi risiko terhubung ke port USB yang berpotensi berbahaya.
  2. Selalu Gunakan Kabel USB Milik Sendiri
    Agar lebih aman, selalu bawa kabel USB milik sendiri. Hindari menggunakan kabel USB yang tersedia di tempat umum karena mungkin telah dimodifikasi untuk melakukan peretasan.
  3. Pilih Tindakan “Charge Only” Ketika Terhubung ke Port USB Umum
    Jika terhubung ke port USB di tempat umum dan muncul pilihan tindakan “charge only” atau “share data” di ponselmu, selalu pilih tindakan “charge only”. Dengan demikian, kamu dapat mencegah transfer data yang tidak diinginkan atau potensi serangan.

Keamanan data pribadi dan perangkat kita menjadi tanggung jawab bersama. Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat mengurangi risiko jatuh ke dalam perangkap Juice Jacking. Tetaplah waspada dan selalu prioritaskan keamanan saat bepergian atau staycation.