BRIN Fire Hotspot: Penurunan Titik Panas di Ketapang

fire hotspot ketapang

Ketapang, InfoKetapang – Memasuki bulan Juni, aplikasi BRIN Fire Hostpot mencatat titik panas di Kabupaten Ketapang dari hari Kamis (1/06/2023) hingga Jum’at, (2/06/2023) sebanyak 7 titik panas level sedang.

Pantauan tim redaksi infoketapang pukul 14:00 wib (2/6/2023), dari aplikasi BRIN Fire Hotspot dengan mode cluster tercatat 7 titik tersebut berdasarkan tangkapan sensor VIIRS (satelit noaa20 dan satelit snpp). Jumlah ini berkurang dari sebelumnya, di bulan Mei penuh selama satu bulan tercatat 132 titik fire hotspot berdasarkan tangkapan sensor Modis (satelit aqua dan satelit terra) sebanyak 5 titik, dan berdasarkan VIIRS sebanyak 127 titik. Dari 132 titik tersebut, 1 titik hotspot berlevel tinggi, dan 131 berlevel sedang.

Hotspot (titik panas) adalah daerah yang memiliki suhu permukaan relative lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya berdasarkan ambang batas suhu tertentu yang terpantau oleh satelit penginderaan jauh. Hotspot sering digunakan sebagai indikator awal terjadinya kebakaran hutan/lahan di suatu wilayah.

Penggunaan aplikasi berbasis web ini dapat dilihat di hotspot.brin.go.id.